Pembahasan Soal UNBK SMP/MTS 2019 Bagian 2


Hallo sobat edukasi, kembali lagi di kelas edukasi blog. Pada postingan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan Soal UNBK SMP/MTS 2019 Bagian 1. Pada Bagian 2 ini, kita akan membahas soal dari nomor 7-12. Harap disimak ya... 



7. Perhatikan contoh peristiwa!

  1. Kayu kering diubah menjadi kursi dan meja.
  2. Pagar besi yang berkarat.
  3. Kertas digunting menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Buah-buahan dibiarkan berhari-hari menjadi busuk.  
Perubahan Fisika ditunjukkan oleh angka..... 
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan :
Perubahan Fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai dengan pembentukan zat yang jenisnya baru. Sedangkan, perubahan kimia adalah suatu perubahan materi yang menghasilkan jenis dan sifat materi berbeda (baru) dari zat semula.

Ciri-ciri perubahan fisika yaitu mengalami perubahan wujud, bentuk dan suhu. Sedangkan perubahan kimia penyusun materinya berubah. Perubahan kimia disebabkan karena reaksi kimia.

Pada soal no 7, yang ditanyakan yaitu perubahan fisika. Pernyataan No 1 dan 3 merupakan contoh dari perubahan fisika. Hal ini dikarenakan mengalami perubahan bentuk. Sedangkan pernyataan No 2 dan 4 merupakan contoh dari perubahan kimia yang disebabkan oleh reaksi kimia. Sehingga jawaban yang tepat pada soal No 7 yaitu B.

8. Perhatikan contoh zat!

  1. Kopi
  2. Tembakau
  3. Teh
  4. Rokok
Zat yang mengandung nikotin ditunjukkan oleh nomor....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

Pembahasan :
Nikotin merupakan senyawa organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami dari berbagai macam tumbuhan, seperti suku terung-terungan (Solanaceae), tembakau, tomat, dan kafein. Dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan kecanduan. 

Berdasarkan keempat pernyataan diatas. Pernyataan No 1 dan 3 adalah zat yang mengandung kafein. Sedangkan pernyataan No 2 dan 4 adalah zat yang mengandung nikotin. Sehingga jawaban yang tepat adalah D. (2) dan (4). 

9. Salah satu cara untuk mendeteksi jenis penyakit dalam tubuh yaitu melalui tes darah. Tes darah dilakukan melalui pemisahan sel darah dari plasmanya dengan mempertimbangkan perbedaan bobot molekul komponen penyusun darah. Metode pemisahan yang dimaksud adalah....
A. Evaporasi
B. Distilasi
C. Sentrifugasi
D. Sublimasi

Pembahasan :
Evaporasi adalah metode yang digunakan untuk memisahkan zat padat yang terlarut dari larutannya.
Distilasi adalah metode pemisahan campuran zat cair dari larutannya berdasarkan perbedaan titik didih.
Sentrifugasi adalah metode pemisahan sel-sel darah dan sel-sel darah putih dari plasma darah. 
Sublimasi adalah metode pemisahan campuran sesama zat padat berdasarkan perubahan wujud zat.

Berdasarkan penjelasan diatas, jawaban yang tepat untuk soal nomor 9 yaitu C. Sentrifugasi.

10. Kapal kayu yang beratnya 15.000 N akan mengangkut barang yang beratnya 9.000 N dan beberapa penumpang serta anak buah kapal. Agar kapal aman ketika berlayar, volume bagian lambung kapal yang berada dibawah permukaan air maksimum 3 m^3. Massa jenis air 1.000 kg/m^3 dan g = 10 m/s^2. Jika berat rata-rata tiap orang = 600 N, jumlah orang yang dapat dibawa oleh kapal adalah.....
A. 5 orang
B. 10 orang
C. 20 orang
D. 25 orang
Pembahasan :
Soal No 10 merupakan soal penerapan dari Hukum Archimedes yang berbunyi besarnya gaya apung yang diterima benda sama dengan beart air yang dipindahkannya (Fa = Wa). Penggambarannya seperti gambar dibawah ini.



Fa  = rho.g.V
Fa  =  1000 Kg/m^3. 10 m/s^2.  3 m^3
Fa  =  30.000 Kg. m/s^2 atau setara dengan 30.000 N

Karena Fa = Wa, sehingga

Fa  = Wk + Wb + Wo
30.000 N  = Wk + Wb + Wo
30.000 N  = 15.000 N + 9.000 N + n.600
30.000 N  = 24.000 N + n.600
30.000 N – 24.000 N   =  n.600 N
(6.000 N)/(600 N)        =  n
n = 10 Orang

Sehingga jumlah orang yang dapat dibawa oleh kapal adalah 10 orang (B).

11. Sebuah mobil mainan dilepas dari titik P ke titik S melewati lintasan seperti gambar berikut.





Grafik kecepatan terhadap waktu (v-t) yang menggambarkan gerak mobil mainan tersebut adalah .....



Pembahasan :
Soal No. 11 merupakan soal penerapan dari GLB (Gerak lurus beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan). 

Pada titik P-Q, sebuah mobil mainan melewati jalanan yang menurun. Secara logika, ketika suatu benda melewati jalanan yang menurun, maka kecepatan benda tersebut akan bertambah (dipercepat) yang merupakan peristiwa GLBB dipercepat. Untuk kurvanya, maka akan berbentuk garis lurus ke atas. 

Pada titik Q-R, sebuah mobil mainan melewati jalanan yang stabil/lurus, sehingga kecepatan benda tersebut akan stabil/konstan.  Peristiwa ini merupakan contoh dari GLB. Untuk kurvanya, maka akan berbentuk garis lurus horizontal.

Pada titik R-S, sebuah mobil mainan melewati jalanan yang menanjak. Dalam hal ini, kecepatan mobil tersebut akan berkurang (diperlambat) yang merupakan peristiwa GLBB diperlambat. Untuk kurvanya, maka akan berbentuk garis lurus kebawah. 

Berdasarkan penjelasan diatas, maka grafik yang menunjukkan hubungan kecepatan terhadap waktu terdapat pada grafik pada pilihan A.

12. Empat buah benda yang massanya sama masing-masing sebesar 4 kg dikenai gaya-gaya seperti ditunjukkan pada gambar berikut.


Benda yang mengalami percepatan terbesar dan terkecil berturut-turut adalah.....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

Pembahasan :
Soal No. 12 merupakan soal penerapan dari Hukum II Newton :

Hukum II Newton
a = sigma F/ m

(Percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa). Dalam soal ini, massa dari keempat benda sama, sehingga massanya dapat kita abaikan. 

Langsung kita hitung resultas gaya dari keempat benda tersebut (Catatan: jika arahnya sama maka dijumlahkan, dan jika arahnya berlawanan maka dikurangi).
1. arah kiri : 12 N + 20 N = 32 N; arah kanan: 16 N, karena arah gayanya ada dua maka kita kurangi yaitu 32 N- 16 N = 16 N ka arah kiri (karena arah gaya kekiri lebih besar dibandingkan ke kanan).
2. arah kanan: 16 N + 12 N + 20 N = 48 N kearah kanan (arah gaya kekiri tidak ada).
3. arah kanan : 12 N + 20 N = 32 N; arah kiri: 16 N, karena arah gayanya ada dua maka kita kurangi yaitu 32 N- 16 N = 16 N ka arah kanan (karena arah gaya kekanan lebih besar dibandingkan ke kiri).
4. arah kanan : 16 N + 12 N = 28 N; arah kiri: 20 N, karena arah gayanya ada dua maka kita kurangi yaitu 28 N- 20 N = 8 N ka arah kanan (karena arah gaya kekanan lebih besar dibandingkan ke kiri).

Pada soal diatas, yang ditanyakan yaitu percepatan terbesar dan terkecil. Dikarenakan percepatan berbanding lurus dengan resultan gaya, maka ketika resultan gayanya besar maka nilai percepatannya juga besar begitu juga sebaliknya. Berdasarkan perhitungan, percepatannya terbesar pada benda No. 2 (nilai resultan gayanya terbesar) dan terkecil pada benda No. 4. Sehingga jawaban yang tepat yaitu D.

Demikianlah pembahasan soal UNBK IPA tingkat SMP/MTS 2019 bagian 2. Bagian 3 akan dipost pada postingan berikutnya. Jangan lupa juga melihat videonya di Youtube kami di Kelas Edukasi. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

jang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Recent Posts Widget

Subscribe Us

Recent Posts

Flag Counter

Flag Counter

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia