Organisasi, Pentingkah Bagi Mahasiswa Baru ?


Hallo semuanya, balik lagi di Kelas Edukasi. Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai Pentingkah Organisasi bagi Mahasiswa Baru...Hmmmm, dari pada penasaran, Langsung saja ini dia penjelasannya.


Organisasi

Pentingkah organisasi bagi mahasiswa baru...?. 

Kata "organisasi" bukanlah  kata  asing lagi bagi kalangan mahasiswa baru. Rata-rata mahasiswa baru tentunya pernah mengikuti organisasi baik pada jenjang SMA atau SMP. Organisasi-pun ada beberapa jenis seperti organisasi kerohanian, akademik, olahraga, seni dan budaya serta masih banyak lagi organisasi lainnya. Begitu juga dilingkup kampus, organisasi ada berbagai jenis dimulai dari lingkup universitas, fakultas hingga jurusan. Namun, apakah organisasi tersebut penting bagi kalangan mahasiswa baru...?

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di sebuah perguruan tinggi, yang terlintas dalam benak kebanyakan mahasiswa baru yaitu bagaimana agar bisa kuliah dengan baik, mencapai cita-cita yang telah direncanakan sampai mendapatkan pekerjaan yang baik. Tapi tanpa kita sadari, untuk mencapai hal tersebut kita perlu yang namanya sebuah proses. Nah proses inilah yang bisa kita peroleh dari dalam kampus atau luar kampus. Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk berproses salah satunya melalui Organisasi. Organisasi tidak hanya seputar politik saja, tapi masih banyak organisasi yang digunakan untuk melatih soft skill kalian. Mungkin bagi sebagian kalangan mahasiswa baru, berorganisasi akan banyak menghabiskan waktu, biaya dan tenaga. Ada juga yang enggan berorganisasi dikarenakan tugas kuliah yang padat (seperti laporan, makalah dan tugas lainnya) atau mempunyai kerja sampingan (part time) sehingga setiap harinya dihabiskan oleh kegiatan-kegiatan yang sama. 


Mungkin organisasi tidak langsung memberikan manfaat pada saat itu juga, tapi tanpa kita sadari, kita akan terbentuk karena proses dari organisasi tersebut. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari organisasi salah satunya melatih soft skill, menjalin silaturahmi, berpikir kreatif, manajemen kerja, manajemen waktu dan masih banyak lainnya. 


Salah satu kekhawatiran yang sering ada dibenak mahasiwa baru yaitu takut nilainya kurang memuaskan karena ikut organisasi. Tidak selamanya lho orang yang ikut organisasi identik dengan nilai yang jelek, masih banyak orang yang aktif organisasi memiliki nilai memuaskan bahkan cumlaude dan prestasi non-akademiknya-pun menonjol . Nah karena organisasi inilah mereka dapat memanajemen waktu mereka antara kuliah, organisasi dan kerja. Dan dari sinilah kita belajar bahwa 1 menit merupakan waktu yang sangat berharga....hehehehe




Manajemen waktu


Satu lagi manfaat berorganisasi yaitu mampu memacu kalian untuk berpikir kreatif, logis dan mampu menyampaikan aspirasi serta melatih tangggung jawab dan komitmennya terhadap tugas/kerja yang telah diberikan. Ikut organisasi juga akan menjadi nilai tambah bagi kalian ketika mendaftar pekerjaan lho (supaya CV nya gk kosong..hehehehe)....


Daftar Kerja

Nah, dari penjelasan tadi, sudah siapkah kalian ikut organisasi.....?

Share:

2 komentar:

  1. Iyaa nih penting banget organisasi, nyesel nanti kalo udah lulus bikin cv gk punya pengalaman organisasi wkwkw

    BalasHapus
  2. Terimakasih masukannya kak, sukses selalu

    BalasHapus

Popular Post

Recent Posts Widget

Subscribe Us

Recent Posts

Flag Counter

Flag Counter

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia