Pembahasan Soal UNBK SMP/MTS 2019 I Bagian 1


Hallo sobat edukasi, kembali lagi di kelas edukasi blog. Pada postingan kali ini, kita akan membantu adik-adik kita khususnya yang berada dikelas 3 SMP dalam mempersiapkan Ujian Nasional. Untuk itu harap disimak ya pembahasan Soal UNBK SMP/MTS 2019 Bagian 1. 



1. Besaran kecepatan adalah besaran turunan yang diturunkan dari dua besaran pokok yaitu....
    A. panjang dan waktu
    B. massa dan waktu
    C. panjang dan massa
    D. waktu dan volume

Pembahasan :
Besaran tururan adalah besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok penyusunnya. Untuk memperoleh besaran pokok apa saja penyusun besaran turunan, kita bisa meninjau besaran tersebut  dengan dua cara :
1. Melihat satuan dari besaran tersebut.
2. Mengetahui rumus yang digunakan untuk memperoleh besaran tersebut.



Pada soal no 1, yang ditanyakan yaitu besaran kecepatan (besaran turunan), langsung kita tinjau dengan dua cara tersebut :

Jika kita lihat dari satuannya, besaran kecepatan mempunyai satuan m/s, meter merupakan satuan dari besaran pokok panjang, dan sekon merupakan satuan dari besaran pokok waktu. Sehingga ada dua penyusun besaran turunan kecepatan yaitu panjang dan waktu.

Bagaimana jika seandainya kita tidak mengetahui/ lupa satuan besaran tersebut...?, solusinya, dengan mengetahui rumus yang digunakan untuk memperoleh besaran tersebut.

Kita ketahui bahwa untuk memperoleh kecepatan (v) maka kita harus membagi s (panjang/jarak/perpindahan) dengan t (waktu). Sehingga dari rumus tersebut, sudah jelas bahwa ada dua besaran yang berperan untuk memperoleh besaran kecepatan yaitu panjang dan waktu.
Berdasarkan cara 1 dan 2 diperoleh besaran penyusun besaran kecepatan yaitu panjang dan waktu.

2. Berdasarkan darftar sifat zat pada tabel, sifat fisik benda cair situnjukkan pada kolom.....



Pembahasan :
Untuk membedakan antara zat padat, cair dan gas, maka kita perlu mengetahui sifat fisik dari ketiga zat tersebut yang dilihat dari gerak partikel, jarak antar partikel, susunan partikel dan ikatan antar partikel. Perbedaannya dapat dilihat pada tabel berikut.


Pada soal No 2 yang ditanya yaitu sifat fisik zat cair. Berdasarkan tabel tersebut, jelas bahwa jawaban yang tepat untuk soal nomor 2 yaitu pilihan yang B.

3. Perhatikan pernyataan berikut !
  1. Kue agar-agar dimasukkan kedalam cetakan hingga memadat.
  2. Titik embun air memburamkan kaca mobil saat hujan.
  3. Logam dicairkan Budi untuk menyolder.
  4. Es batu didalam gelas semakin lama berubah menjadi air.
Pembahasan :
Pada Soal No 3, yang ditanyakan adalah besar suhu air bila diukur dengan skala Fahrenheit. Untuk mengubah skala celcius ke fahrenheit, kita menggunakan persamaan (1-2), sehingga:
Pernyataan perubahan wujud yang memerlukan kalor terdapat pada nomor.....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan :
Zat yang mengalami perubahan wujud karena adanya kalor. Dalam prosesnya, kalor itu dibutuhkan oleh zat untuk mengubah wujudnya. Namun, ada pula yang tidak diperlukan kalor alias dilepaskan atau dibuang.

Perubahan wujud yang menerima kalor (panas) diantaranya mencair (zat padat diberikan kalor akan menjadi zat cair/mencair), menguap (zat cair diberikan kalor maka akan menjadi zat gas/menguap), menyublim (zat padat diberikan kalor maka akan menjadi zat gas/menyublim). Sedangkan untuk perubahan wujud yang melepaskan kalor (mengalami pendinginan) terdapat pada perubahan wujud membeku, mengembun dan mengkristal.

Pada soal No. 3 yang ditanyakan yaitu perubahan wujud yang memerlukan kalor. Langsung kita tinjau keempat pernyataan tersebut
1. Membeku (melepaskan kalor)
2. Mengembun (melepaskan kalor)
3. Meleleh (memerlukan kalor)
4. Mencair (memerlukan kalor)

Berdasarkan keempat pernyataan tersebut, perubahan wujud yang memerlukan kalor terdapat pada penyataan No (3) dan (4).

4. Sekelompok siswa melakukan eksperimen pengukuran suhu air, hasilnya diperoleh suhu air sebesar 50 °C. Besar suhu air bila diukur dengan skala Fahrenheit sama dengan.....
A. 122 °F
B. 102 °F
C. 90 °F
D. 58 °F

Perbandingan suhu antara celcius, reamur, fahrenheit dan kelvin adalah 5 : 4 : 9 : 5. Khusus untuk fahrenheit perlu ditambah 32 untuk perubahannya.




t°F = ( 9/5 . 50 ) + 32
        = 90 + 32
        = 122 °F 

Berdasarkan keempat pilihan tersebut, jawaban yang tepat yaitu A. 122 °F.

5. Perhatikan tabel perubahan warna kertas lakmus pada beberapa larutan berikut !


Larutan yang bersifat basa ditunjukkan oleh angka.....
 A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan :
Untuk menjawab soal No. 5, perhatikan tabel dibawah ini.


Berdasarkan tabel diatas, untuk larutan yang bersifat basa maka larutan tersebut akan bewarna biru, baik pada kertas lakmus biru maupun merah. Sehingga jawaban yang tepat yaitu C.

6. Perhatikan Gambar!

P, Q, dan R secara berturut-turut diidentifikasikan sebagai.....
A. neutron, proton, dan elektron
B. proton, elektron, dan neutron
C. elektron, proton, dan neutron
D. neutron, elektron, dan proton

Pembahasan :
Gambaran secara umum mengenai struktur atom adalah inti atom terdiri dari proton (bermuatan positif) dan neutron (tidak bermuatan/netral), sedangkan elektron (bermuatan negatif) mengorbit inti atom sesuai dengan kulit atomnya (orbitalnya). Berdasarkan gambar tersebut, P adalah elektron (ditengah atom tandanya -), Q adalah proton (ditengah atom tandanya +) dan R adalah neutron (ditengah atom tidak ada tanda). Sehingga jawaban yang tepat adalah C

Demikianlah pembahasan soal UNBK IPA tingkat SMP/MTS 2019 bagian 1. Bagian 2 akan dipost pada postingan berikutnya. Jangan lupa juga melihat videonya di Youtube kami di Kelas Edukasi. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

jang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Recent Posts Widget

Subscribe Us

Recent Posts

Flag Counter

Flag Counter

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia