Prinsip Kerja Mesin Ball Mill


Prinsip Kerja Mesin Ball MillBall mill merupakan alat industri yang paling sangat dibutuhkan untuk hasil yang maksimal dalam kategori penghancuran tingkat halus karena mesin grinding ball mill ini menggunakan teknologi balls ( bola – bola ) yang di rancang sehingga memiliki luas permukaan per unit lebih dari rod untuk menghasilkan bahan baku material yang lebih halus. Prinsip kerja Ball mill adalah memutarkan tabung berisi dengan peluru besi seperti bola – bola yang sudah diisikan di dalam mesin grinding tersebut terbuat dari baja. Proses penghaluskan terjadi karena mesin grinding yang berputar sehingga ball di dalamnya ikut menggelinding, menggerus dan menggiling seluruh material di dalam grinding sampai halus. Jika kecepatan putaran terlalu cepat maka bola – bola yang ada di dalam mesin grinding akan menempel pada tabung dan hasil yang dihasilkan tidak akan bagus jadi pengaturan harus disesuaikan untuk hasil yang maksimum.



Prinsip Kerja Mesin Ball Mill

Pada mesin ball mill ini sendiri menggunakan dua sistem langkah penggilingan yaitu sistem basah dan sistem kering selain itu mesin ini menjadi produk utama pada industri penggilingan. Mesin ball mill memiliki bentuk tabung dengan dua tempat penyimpanan dengan desain horizontal.

Prinsip Kerja Mesin Ball Mill

Untuk bagian luar, mesin berjalan pada dua roda yang terpasang di kedua sisinya. Bahan material yang akan digiling secara spiral masuk pada tempat penyimpanan pertama. Pada tempat penyimpanan tersebut sudah terpasang ripple scaleboard dan juga steel ball yang memiliki bermacam spesifikasi. Saat mesin ball mill ini berkerja, bagian tubuh barel akan berputar. Dengan berputarnya tubuh barel ini maka steel ball ikut terbawa karena gaya sentrifugal yang tercipta dan kemudian terjatuh dan membuat material yang di dalam mesin ini tergiling. Sesuai dengan proses yang ada pada tempat penyimpanan pertama, setelah bahan tadi mengalami proses penggilingan maka material hasil gilingan masuk lagi pada tempat penampungan kedua. Di tempat penampungan yang kedua ini, material tadi kembali menjalani proses penggilingan dengan scaleboard dan steel ball. Setelah proses penggilingan kedua ini selesai, maka bubuk hasil akhir kerja mesin ball ini dibawa ke tempat penampungan ahir dan dimulai dengan proses yang pertama lagi untuk bahan selanjutnya. Mesin Ball Mill standar biasanya bekerja dengan kecepatan yang sudah disetting secara default 70 sampai 80% dari kecepatan rata - rata kritis.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Recent Posts Widget

Subscribe Us

Recent Posts

Flag Counter

Flag Counter

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia