Apa itu Barium Hexaferrite...?


Magnet keras (ferit) memiliki sifat mekanik dengan kekerasan dan sifat magnetik yang cukup tinggi. Meskipun karakteristik energi yang lebih rendah dibandingkan dengan magnet keras lainnya seperti  NdFeB, SmCo, dan Alniko. Contoh magnet keras (ferit) yaitu Barium Hexaferrite. Barium Hexaferrite sering digunakan sebagai material untuk magnet permanen.  Barium Hexaferrite memiliki sruktur hexagonal, dimana memiliki nilai parameter kisi, a dan b yang sama yaitu 90o sedangkan nilai c yang berbeda yaitu 120o  (Widiyanto, 2010). 

Barium Hexaferrite dengan rumus kimia BaFe12O19 merupakan salah satu material magnetik yang banyak digunakan karena memiliki nilai Hc (saturasi magnet) yang tinggi, stabil secara kimia, harga Tc (temperatur curie) yang tinggi dan tahan terhadap korosi (Eko, 2014). Barium Hexaferrite memiliki struktur hexagonal yang sesuai dengan space group P 63/m m c (Kershi, 2010). Salah satu aplikasi material magnet permanen Barium Hexaferrite yang menjadi perhatian saat ini adalah sebagai alat penyerap gelombang mikro. Hal ini karena sifat listrik dan magnetik ferrimagnetik ini sangat mendukung dalam aplikasi tersebut, yaitu memiliki permeabilitas dan resistivitas yang tinggi (Priyono, 2010).

Cara paling sederhana untuk memahami kisi kristal adalah dengan memisalkan atom-atom dalam kristal berupa titik-titik. Setiap titik mempunyai lingkungan yang serba sama, sehingga satu sama lain tidak dibedakan meskipun dilihat dari segala arah. Bila setiap titik tersebut dihubungkan, maka akan diperoleh kisi-kisi yang teratur dan periodik yang memenuhi ruang. Salah satu contoh yang menunjukkan kisi sebuah kisi kristal Barium hexaferrite ditunjukkan pada Gambar 1.


Gambar 1. Struktur Barium Hexaferrite

Pada Gambar 1, struktur magnet Barium Hexaferrite terdiri atas bagian kubik spinel (S) yang terpisah oleh bagian heksagonal closed-packed (R) berisi ion Ba. Setiap bagian S terdiri dari dua lapisan yang mengandung empat buah ion oksigen dan paralel dengan bidang dasar heksagonal dengan tiga kation antara setiap lapisan. Bagian R terdiri atas tiga lapis ion oksigen, dimana pada lapis tengah suatu ion oksigen diganti dengan ion Ba. Setiap unit sel mengandung 10 lapisan oksigen dengan Ba menggantikan ion oksigen setiap 5 (lima) lapis. Dalam satu unit sel setiap bagian S mempunyai rumus kimia Fe6O8, setiap bagian R mempunyai rumus kimia BaFe6O11 dan rumus kimia total adalah BaFe12O19. Tempat ion Fe adalah tetrahedral dan oktahedral dan satu sisi yang lain dikelilingi oleh 5 (lima) oksigen membentuk suatu piramida trigonal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post

Recent Posts Widget

Subscribe Us

Recent Posts

Flag Counter

Flag Counter

Mengenai Saya

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia